Elkan Baggott Main Penuh, Kemenangan Tutup Pramusim Gillingham

By ommed


nusakini.com - Palang pintu timnas Indonesia Elkan Baggott kembali dipercaya mengisi pertahanan klub League Two Inggris, Gillingham, ketika mengalahkan tim National League, Southend United, 1-0 di Stadion Roots Hall, Sabtu (23/7) malam WIB.

Duel melawan klub kasta kelima di liga Inggris ini menjadi laga pramusim terakhir bagi Gillingham. Mereka selanjutnya bersiap menghadapi partai pertama League Two 2022/23 melawan tuan rumah Wimbledon pada akhir pekan nanti.

Bagi Baggott, ini menjadi keempatnya di pramusim bersama Gillingham sejak dipinjamkan dari Ipswich Town pada 9 Juli lalu. Ipswich meminjamkan Baggott agar bisa mendapatkan menit bermain lebih banyak.

Baggott menjalani laga perdananya ketika dikalahkan Dover Athletic 2-0. Kala itu, Baggott hanya dimainkan di babak pertama, karena baru bergabung dengan tim dua hari sebelumnya.

Selanjutnya, pemain blasteran itu bermain selama 90 menit saat Gillingham dikalahkan Portsmouth 2-1. Namun ketika menantang klub Liga Primer Inggris Crystal Palace, Baggott dimainkan selama 63 menit.

Pada laga terakhir di pramusim malam ini, manajer Neil Harris memberikan kepercayaan kepada Baggott untuk bermain selama 90 menit bersama Will Wright, Max Ehmer, dan David Tutonda.

Melawan tim yang berada di kasta di bawahnya, Gillingham mengawali laga dengan baik, dan mampu menguasai bola. Penyelesaian akhir masih menjadi pekerjaan rumah bagi Harris, karena mereka gagal menuntaskan peluang yang dimiliki sepanjang babak pertama.

Gilliham sempat dikejutkan oleh peluang Southend di menit kesepuluh, namun sepakan Callum Powell dapat dipatahkan kiper Jake Turner. Pada menit ke-21, Baggot terpaksa melakukan pelanggaran terhadap pemain Southend, sehingga wasit memberikan tendangan bebas terhadap tim tuan rumah.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Gillingham langsung menekan pertahanan Southend di awal paruh kedua. Upaya itu membuahkan hasil pada menit ke-56.

Scott Kashket yang menyisir dari sisi kiri serangan melepaskan umpan lambung ke depan gawang, sehingga Mikael Mandron yang berdiri bebas tanpa pengawalan menanduk bola ke dalam gawang. Skor 1-0 untuk Gillingham ini bertahan hingga pertandingan berakhir. (gi/om)